Ingin Jam Tangan Wanita Anda Awet? Lakukan Ini

 

Setelah mendapatkan jam tangan wanita idaman, tentulah Anda merasa puas. Namun tentu saja membeli jam tangan mahal bukanlah jaminan gadget tersebut akan awet. Apalagi jika Anda tidak mengetahui cara merawat jam tangan yang tepat berikut ini.

Rose gold Pink Leather Strap Women's Watch - - Rose gold Pink Leather Strap Women’s Watch – ZALLURE | Enhance yourself confidence Source by bhoumik892011

 

  1. Kenali Model Jam Tangan Anda

Salah satu langkah pertama dalam memilih perawatan jam tangan wanita yang tepat adalah mengetahui model atau jenis dari jam tangan tersebut. Jam tangan model analog tentulah memiliki cara perawatan yang berbeda daripada jam tangan digital. Sedangkan jam tangan digital sudah pasti juga memiliki langkah-langkah maintenance yang berbeda jika dibandingkan dengan jam tangan otomatis atau smartwatch. Beberapa model jam tangan juga memiliki ketahanan terhadap air, sedangkan model jam tangan lainnya akan langsung rusak ketika terkena kontak dengan percikan air atau debu. Dengan mengetahui hal-hal dasar tersebut akan mempermudah Anda dalam memilih dan mengenakan jam tangan sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan.

  1. Lindungi Jam Tangan Wanita Anda dari Benturan

Seringkali hal yang menjadi penyebab utama dari kaca jam tangan yang tergores atau bahkan pecah adalah karena kecerobohan sang pemilik. Hal tersebut bisa saja terjadi saat Anda sedang berjalan dan tanpa sengaja membenturkan jam tangan yang dikenakan pada permukaan dinding atau ujung meja. Bisa juga Anda tidak sengaja menjatuhkan jam tangan yang digeletakkan di atas meja sehingga permukaan jam tangan pun terbentur lantai. Goresan pada kaca jam tangan tentunya dapat membuat penampilan jam tersebut menjadi kurang indah.

Tak hanya itu, guncangan yang keras juga dapat mengakibatkan komponen di dalam jam tersebut menjadi rusak. Sebisa mungkin Anda berjalan dengan lebih hati-hati atau paling tidak memilih jam tangan yang memiliki lapisan Corning Gorilla Glass untuk membantu melindungi kaca jam dari goresan. Saat meletakkan jam tangan pun sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan. Untuk mencegah jam tangan tergores atau bahkan retak akibat terjatuh, Anda dapat meletakkan jam tangan tersebut di dalam kotak penyimpanannya saat sedang tidak menggunakan jam tersebut.

  1. Jangan Melakukan Winding Secara Sembarangan

Satu hal yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang setelah membeli jam tangan wanita baru adalah segera melakukan pengaturan alias winding. Namun tahukah Anda bahwa ternyata winding tidak bisa dilakukan dengan sembarangan? Pasalnya, kesalahan dalam menggerakkan crown saja dapat mengakibatkan waktu yang ditunjukkan menjadi terlalu cepat atau bahkan terlalu lambat. Secara otomatis, Anda harus melakukan pengaturan ulang. Apabila hal tersebut terlalu sering dilakukan bukan mustahil jika jam tangan tersebut langsung mengalami kerusakan. Maka dari itu, setelah membeli jam tangan ada baiknya untuk menyerahkan winding kepada ahli jam. Karena tentunya mereka memiliki kemampuan dan pengetahuan yang lebih memadai.

  1. Bersihkan Jam Tangan Secara Rutin

Agar jam tangan wanita Anda semakin awet, pastikan untuk menjaga kebersihannya dengan baik. Caranya adalah dengan mengusap bagian kaca serta tali dari jam tangan tersebut dengan menggunakan cairan pembersih khusus dan kain microfiber. Ingat, jangan menyemprotkan cairan tersebut secara langsung ke permukaan jam apalagi membersihkan jam dengan menggunakan air. Cukup semprotkan saja cairan tersebut pada kain yang kemudian digunakan untuk membersihkan jam tangan. Setelah selesai, gunakan handuk dengan serat kain yang halus untuk mengeringkan jam tangan tersebut.

Catatan penting saat Anda akan mengeringkan jam tangan tersebut adalah jangan mengeringkannya di bawah terik sinar matahari, apalagi menggunakan hair dryer. Paparan suhu panas yang ekstrim tersebut berpotensi mengakibatkan kutub magnet penggerak jarum jam menjadi rusak sehingga tingkat akurasi dari jam tangan tersebut pun akan menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *