Asal mula perkembangan jaket dan jenis-jenisnya!

Berbicara tentang jaket, pasti hampir semua orang telah familiar dengan salah satu pakaian pelengkap fasion satu ini. Meski jaket umumnya digunakan sebagai pakaian pelindung diri dari dingin namun seiring berkembangnya zaman rupanya jaket digunakan sebagai pendukung style. Namun taukah anda, Bagaimana Sejarah Awal Mula Jaket Diciptakan?

Pada awalnya, jaket muncul saat perang dunia pertama dimana jaket lebih banyak digunakan hanya oleh kaum pria saja. Jaket atau lebih tepatnya jaket kulit awalnya dibuat khusus untuk pilot yang umumnya disebut flight bomber jacket. Namun model jacket yang diproduksi tidak sesimple saat ini,  kemudian pilot pesawat penerbangan perancis dan Belgian pada tahun 1915 mulai mengawali trend jaket kulit lengan panjang sehingga pada akhirnya jaket leather flight mulai dikenal luas.

Jaket yang awalnya hanya berguna untuk penghangat tubuh bagi pria dengan model dan bahan yang terbatas, mengalami perkembangan yang pesat hingga akhirnya muncul berbagai model serta bahan, tidak hanya model untuk pria saja melainkan juga untuk wanita serta anak-anak, remaja, dan hingga orang tua.

Macam-macam Jenis Jaket Pria yang Perlu Diketahui - Uprint.id

Beberapa model jaket yang saat ini banyak muncul di pasaran adalah:

  1. Jaket windbreaker

Jaket ini sangat cocok untuk menghangatkan tubuh. Model ini memiliki pergelangan tangan dengan kerah hoodie, sangat pas apabila digunakan di tempat-tempat yang dingin hingga bersuhu ekstrem.

  1. Jaket bomber

Model jaket ini sempat menjadi tren pada tahun 70-an, dan kemudian muncul kembali pada tahun 90-an. Desain jaket model ini adalah adanya resleting pada bagian tengah dan juga terdapat kantong pada kedua sisi badan jaketnya.

  1. Jaket varsity

Mulanya dikenalnya jaket model ini adalah karena banyak digunakan oleh mahasiwa Harvard, kemudian seiring perkembangannya diikuti oleh kampus lainnya. Desain khas dari jaket ini adalah adanya huruf border pada bagian dada jaket

  1. Jaket kulit

Sesuai dengan namanya, jaket kulit adalah jaket yang terbuat dari kulit sintesis. Desain khas dari jaket ini adalah adanya sabuk pada bagian bawah dan bagian lehernya, ditambah lagi dengan adanya resleting pada bagian tengah.

  1. Jaket sports

Pada umumnya jaket sport dapat dibuat dari beberapa bahan, seperti suede, corduroy, dan denim. Jaket ini memiliki desain hampir serupa dengan jas, sehingga tidak heran apabila jaket ini sering kali juga dipakai untuk acara formal

  1. Jaket parka

Jaket ini memiliki desain yang khas dengan menggunakan bahan yang anti air, tidak memiliki lubang atau bukaan pada bagian depan. Jaket model ini sangat cocok digunakan didaerah dingin atau bahkan suhu ekstrem

  1. Jaket duffle coat

Jaket model ini pertama kali dibuat oleh salah seorang desainer inggris tahun 1800an. Desain jaket duffle coat yakni mempunyai beberapa kancing dan kantong besar pada bagian depan.

  1. Jaket pea coat

Bentuk khas dari jaket ini adalah mempunyai double breasted kancing yang berbahan metal, plastic ataupun kayu dan juga berkerah lebar.

  1. Jaket trench coat

Jaket trench coat terbuat dari bahan yang tahan air, memiliki sabuk pinggang, kerah lebar, dan sekitar terdapat 10 buah kancing pada bagian depan.

  1. Jaket markintosh coat

Bahan yang digunakan untuk membuat jaket markintosh coat ini memiliki ketahanan terhadap air dan bahkan mampu melindungi tubuh dari air hujan. Sangat cocok apabila digunakan untuk perjalanan atau bekerja.

  1. Jaket overcoat

Jaket ini umumnya digunakan sebagai traditional outer, sangat cocok digunakan pada musim dingin, namun tidak jarang dipakai sebagai kebutuhan fasion pada musim gugur dan semi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *