Bagaimana Cara Mengetahui Jaket Kulit Itu Palsu Atau Asli

Jaket merupakan pakaian yang memiliki banyak fungsi. Utamanya untuk menghalau angin dan udara dingin. Akan tetapi, saat ini, jaket juga menjadi fashion item yang banyak diminati. Salah satu yang banyak dicari adalah jaket kulit.

Namun, ada dua jenis jaket kulit yang umum dijual di pasaran. Yaitu jaket kulit dari bahan kulit asli dan jaket kulit dari bahan sintetis atau campuran yang sering disebut sebagai jaket kulit palsu. Lalu, bagaimana cara mengetahui jaket kulit itu palsu atau asli?

Jaket kulit Bandung Jaket kulit domba asli kualitas super warna ...

  1. Cek Harga Produk

Melihat harga produk adalah cara paling mudah untuk mengetahui apakah jaket kulit yang Anda gunakan asli atau tidak. Biasanya, jaket kulit asli tidak akan dijual dengan harga yang terlampau murah. Jika Anda menemukan jaket kulit yang dijual dengan harga murah, maka Anda perlu meragukan keaslian dari jaket kulit tersebut.

Biasanya, harga jaket kulit asli dijual mulai dari 1 juta Rupiah. Jika Anda menemukan jaket kulit dengan harga di bawah itu, ada kemungkinan jaket tersebut dibuat dengan menggunakan kulit imitasi atau campuran.

  1. Raba Tekstur Kulit Pada Jaket Kulit

Selanjutnya, periksa juga tekstur jaket kulit yang akan Anda beli. Jaket kulit yang dibuat dari material kulit asli memiliki tekstur yang lembut saat diraba. Akan tetapi, jika jaket kulit yang akan Anda beli memiliki tekstur yang licin dan kesat, bisa dipastikan kalau jaket tersebut tidak dibuat dari material kulit asli.

Jaket yang dibuat dari bahan kulit sintetis biasa cenderung lebih cepat kusut dibandingkan dengan jaket yang terbuat dari bahan kulit asli. Selain itu, kulit sintetis juga cenderung lebih mudah robek saat berada di suhu panas.

  1. Cek Potongan Bahan dan Jahitan

Cara lain untuk mengetahui jaket kulit itu palsu atau asli adalah dengan memeriksa bagia jahitan atau potongan bahan. Perlu diketahui bahwa kulit asli tidak akan mudah dibuat halus total. Meskipun sudah dihaluskan sekalipun, bagian potongan bahan akan tetap memiliki sisa – sisa serat dan lapisan bahan.

Sedangkan jaket kulit palsu yang dibuat dari kulit sintetis cenderung terasa sempurna tanpa serat di bagian potongannya.

  1. Amati Bagian Pori – Pori Kulit

Kemudian, amati juga bagian pori – pori kulit. Jika pori – pori kulit memiliki pattern yang random atau tidak berpola, kemungkinan jaket tersebut dibuat dari bahan kulit asli. Sedangkan jaket yang dibuat dari bahan sintetis memiliki pola yang lebih konsisten. Hal ini karena jaket sintetis merupakan produk buatan pabrik. Sehingga, hasil pola yang terbentuk akan lebih berpola.

  1. Perhatikan Ketebalan dan Elastisitas Bahan Jaket

Perhatikan juga bagaimana ketebalan dan elastisitas bahan jaket. Saat kulit hewan asli digunakan sebagai material pembuat jaket kulit, maka kulit hewan perlu melewati proses tempa dan membuat kulit tersebut menjadi sangat tipis. Dengan ketipisan seperti itu, jaket kulit tidak akan terasa lentur.

Anda bisa meraba atau mencobanya secara langsung untuk merasakan perbedaannya secara langsung. Jaket kulit asli biasanya memiliki ketebalan sekitar 0,6 mm – 0,7 mm. Ketebalan ini merupakan ketebalan yang sangat sulit dicapai oleh bahan kulit sintetis.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui jaket kulit itu palsu atau asli. Namun, jika Anda masih merasa bingung, Anda bisa mencari toko terpercaya yang menjual jaket kulit asli. Cara ini akan lebih mudah dan lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *