Apakah Jaket Boombers itu Awalnya dari Indonesia? Ini Awalnya!

Presiden Joko Widodo merupakan sosok berpengaruh untuk Indonesia. Tidak hanya dalam hal kebijakan, nyatanya presiden Joko Widodo juga mampu memengaruhi tren gaya berbusana lho. Pernah presiden Jokowi mempopulerkan sepatu lokal, baju, topi dan bahkan jaket bomber. Anda tahu jaket bomber, bukan? Jaket bomber atau boomers semaakin menjadi tren saat presiden Jokowi memperkenalkan model jaket bomber lokal dengan desain gagah. Lalu muncul pertanyaan, apakah jaket boombers itu awalnya dari Indonesia?

Pengamat Mode Puji Gaya Jaket Bomber Jokowi | Republika Online

Jaket boombers itu sudah muncul sejak lama sekali. Bahkan sebelum Indonesia booming dengan jaket boombers pak Jokowi, jaket boombers sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Dan perlu diketahui bahwa jaket boombers tidak berawal dari Indonesia. Ada sejarah panjang di balik kemunculan jaket boomers. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari jaket boomers.

  1. Berawal dari kebutuhan militer

Awal mulanya jaket bombers tidak berasal dari tren desainer busana, melainkan jaket bombers muncul dari baju keamanan dan perlindungan anggota angkatan udara Amerika saat bertugas. Jaket bombers kemudian semakin sering dipakai dan mengalami perkembangan desain untuk melengkapi kebutuhan para tentara pada saat perang dunia 1 dan 2.

Jaket bomber awalnya dibuat dan didesain untuk kebutuhan militer saat perang dunia. Inilah fakta yang perlu diketahui. Awalnya, jaket bomber digunakan oleh kokpit pesawat tidak tertutup. Fungsinya agar para pilot tidak terpapar suhu udara yang sangat dingin. Dan jaket bombers menjadi baju pelindung kokpit agar tetap hangat dan mudah bergerak.

Bahan jaket bombers pada saat itu adalah kulit yang dilapisi bulu domba pada bagian kerah dan dalamnya. Bahan kulit ini nyatanya kurang mendukung aktivitas para pilot di pesawat saat terbang. Dan dengan perkembangan yang semakin maju, pesawat jet telah tertutup dan terdapat penghangat di dalamnya. Sehingga peran jaket bomber pun semakin minimalis.

  1. Populer Melalui Subcultures

Selai dari awal kemunculan dan fungsi jaket bombers, jaket yang populer ini tidak terkenal hanya karena pemakaiannya oleh para pilot pesawat. Pakaian ini semakin populer melalui budaya subkultur. Awalnya jaket bombers hanya bisa didapatkan dari pemerintah karena memang suplainya hanya untuk tentara angkatan udara. Secara bersamaan, ada sejumlah gerakan subkultur berpengaruh yang kemudian menggunakan jaket bomber yang didapatkan dari toko bekas. Dan semakin populerlah jaket bomber untuk umum.

Pada tahun 1990-an, pamor jaket bomber kembali booming karena para pemuda saat itu yang memakai tren jaket bomber. Kala itu, jaket bomber sering dipadupadankan dengan dalaman kemeja kotak-kotak, jeans dan sepatu Martens. Dan memasuki tahun 2000-an, jaket bomber banyak dipakai oleh surfers dan skateboarders. Dan akhirnya ini menjadi model berbusana streetwear.

  1. Dekorasi dan warna jaket bombers

Saat ini, dekorasi dan desain warna jaket bombers sangat ikonik. Ada decorative patch pada jaket bomber modern. Ada juga lukisan dan gambar yang unik. Tidak ada lagi ikon fighter pilots karena dilarang dan hanya untuk kepentingan militer. Kalau dulu hanya tersedia warna navy blue, kini Anda bisa temukan jaket bomber varian warna hijau khaki.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal jaket bombers atau boomers. Jadi kalau ada pertanyaan apakah jaket boomers itu awalnya dar Indonesia, maka jawab saja bukan. Adapun awalnya kemunculan jaket boomers adalah sesuai yang telah disebutkan di atas. Itu adalah faktanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *