Beberapa Model Jaket Windbreaker Yang Perlu Diketahui

Model jaket windbreaker sering juga disebut sebagai windcheater, yang secara harfiah dapat diartikan sebagai jenis lapisan pelindung dari terpaan angin. Selain itu juga model jaket windbreaker ini bisa melindungi tubuh dari rintik rintik hujan. Kebanyakan model jaket windbreaker ini memakai bahan parasut, meski memang tidak semua modelnya itu memakai bahan tersebut.

Windbreaker merupakan sesuatu yang bisa dipakai untuk menahan angina. Sedangkan istilah jaket windbreaker ini merupakan sebuah jaket yang dipakai untuk menahan dari terpaan angin dan rintik rintik hujan, dimana bahan yang digunakannya itu tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Model jaket windbreaker atau windcheater merupakan mantel tipis yang memang dirancang untuk menahan angin dingin dan hujan gerimis atau waterproof, ini versi yang lebih ringan dari jaket.

Model jaket windbreaker ini biasanya terbuat dari bahan jaket yang ringan, tetapi sekarang karakteristiknya terbuat dari beberapa jenis bahan sintetis. Biasanya pada model jaket windbreaker ini adanya tali elastis pada bagian pinggang, pergelangan tangan, dan juga resleting (zipper) sebagai adjuster untuk kondisi cuaca tertentu.

Jika pada jaket biasa, mantel, dan lainnya mungkin disediakannya tipe windbreaker sebagai lapisan dalam yang bisa dilepaskan saat menginginkannya. Terkadang model jaket windbreaker ini juga memiliki tudung atau hoodie yang dapat dilepaskan. Banyak model jaket windbreaker yang pada bagian dalam atau luarnya itu memiliki kantong besar yang kemungkinannya dapat melindungi barang barang dari cuaca seperti angin atau hujan.

Model jaket windbreaker ini biasanya dipakai saat musim hangat datang, saat angin atau hujan tiba tiba datang, atau juga bisa dipakai sebagai penambah lapisan atau layering selama musim dingin. Jaket Windbreaker terbuat dari bahan yang ringan dan bisa melindungi tubuh lebih dari sweater tetapi tidak lebih dari mantel. Model jaket windbreaker yang berwarna cerah biasanya dipakai para pelari sebagai pakaian reflektif yang bisa melindungi dan menjaga dari berbagai unsur yang berbahaya, misalnya pengendara kendaraan.

Berikut dibawah ini beberapa model jaket windbreaker yang perlu diketahui diantaranya yaitu :

Jual Akron coach jacket - Kota Bandung - YOGI MENS | Tokopedia

  1. Coach Jacket

Ini merupakan sebuah jaket windbreaker yang memiliki ciri khas adanya karet pada bagian pergelangan tangan dan biasanya berkerah. Jaket ini menjadi populer saat dipakai oleh para pelatih dari berbagai cabang olahraga.

  1. Jenis Jaket Windrunner

Ini merupakan sebuah jaket yang terbuat dari bahan kain parasut tipis yang pada bagian tudungnya terdapat tali. Biasanya jenis jaket windbreaker ini dipakai saat melakukan olahraga ringan seperti lari, tetapi cocok juga dipakai sebagai fashion.

  1. Jenis Jaket Cagoule

Ini merupakan jaket windbreaker yang memiliki tudung bulat, elastis dengan tali, dan resleting pendek pada bagian leher, serta pada bagian perutnya adanya kantung. Jaket Cagoule ini merupakan sebuah istilah Inggris Raya untuk jaket windcheater, sedangkan di Australia menjadi sebuah istilah untuk jaket parka, misalnya saja jaket parka anorak aslinya. Jaket Cagoule ini pada bagian depannya tidak sepenuhnya terbuka dan harus ditarik keatas kepala.

Adanya sebuah studi 2012 yang menunjukkan bahwa dengan memakai jaket windbreaker ternyata dapat menunda hipotermia meski terbuat dari bahan yang ringan. Jaket windbreaker ini pastinya akan sangat berguna saat pemakainya sedang berjalan di luar dan secara tiba tiba datang suhu rendah. Jenis jaket windbreaker ini untuk pertama kalinya populer pada tahun 1970 an sebagai pakaian luar informal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *