Jenis Jaket Harrington Terbaik

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa jaket merupakan salah satu item fashion yang selalu menghadirkan inovasi terbaru dari masa ke masanya. Selain fungsinya yang dapat menghangatkan tubuh, keberadaan jaket juga dapat menunjang penampilan bagi si penggunanya. Ya, terlebih untuk jaket-jaket branded, yang memang memiliki kualitas tinggi.

Sejarah Jaket Harrington

Menurut informasi yang di dapat, jaket Harrington pertama kali dirancang oleh desainer asal Inggris yang bernama John Miller dan Isaac Miller pada tahun 1937 dibawah naungan Baracuta. Pada tahun yang sama, ada sebuah perusahaan asal Burnley, Inggris yakni Grenfell yang juga membuat gaya jaket sama di awal tahun 1930an.

Memasuki tahun 1958, Elvis Presley pun mempopulerkan jenis jaket Harrington model Baracuta G9 pada tahun 1958 di film yang berjudul King Creole. Namun sayangnya, nama jaket Harrington tidak berevolusi hingga tahun 1964, dimana model jaket Harrington Baracuta G9 dipopulerkan oleh aktor Ryan O’Neal dalam serial tv Peyton Place.

Jual HEYLOOK Smith Jaket Harrington Pria [Semi Waterproof] Online September  2020 | Blibli.com

Source by blibli.com

Jenis Jaket Harrington

Baracuta pertama kali mulai memproduksi pakaian luar anti hujan untuk Burberry dan Aquascutum, sebelum mereka memproduksi jaketnya sendiri. Menariknya lagi, justru kepopuleran brand mereka berkat penjualan jas hujan. Miller bersaudara yang merupakan pendiri Baracuta, memang berambisi untuk menjadi pemain golf profesioal dengan membawa peran besar dalam mendesain jaket Harrington.

Itu sebabnya, mengapa jaket Harrington pada awalnya hanya populer dikalangan pe-golf saja. Jaket tersebut memiliki kantong penutup yang miring, sehingga sangat ideal untuk menjaga golf. Bukan hanya itu, jaket Harrington tesebut juga memiliki bentuk pinggang dan pergelangan tangan yang begitu elastic, sehingga memungkinkan untuk tangan mengayun lebih leluasa. Disamping itu, terdapat pula unsur ventilasi dalam desain jaket Harrington sehingga dapat memberikan sirkulasi udara dengan baik.

Jenis Jaket Harrington G9

Di tahun 1950an, Baracuta mulai mengekspor produk terbarunya yakni G9 ke Negara Amerika Serikat. Jaket tersebut dipopulerkan oleh seorang mahasiswa dari perguruan tinggi Ivy League, yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Memasuki tahun 1954, barulah jaket Harrington G9 mulai populer dikalangan umum. Pasalnya, jaket Harrington G9 dipakai oleh Elvis Presley pada film King Creole.

Di Amerika sendiri, jaket Harrington G9 ini dipopulerkan oleh Steve McQueen yang dipakai pada film berjudul The Thomas Crown Affair. Bukan hanya itu, jaket Harrington G9 juga dipopulerkan oleh Frank Sinatra, Gregory Peck, hingga James Dean yang dipakainya pada film Rebel Whitout a Cause.

Bahan Kain Pada Jaket Harrington Baracuta

  1. Kain Drill

Jenis kain pertama yang sering digunakan untuk membuat jaket Harrington, yakni kain drill. Jenis kain yang satu ini mempunyai serat dengan garis-garis miring, yang materialnya terbuat dari campuran bahan katun dan polyester. Kain drill itu sendiri mengusung tekstur bahan berupa garis benang yang begitu jelas, tebal, dan tidak bisa menyerap air.

  1. Kain Tropical

Jenis kain tropical ini juga terbuat dari perpaduan bahan polyester dan katun, dimana bahan katunnya lebih dominan ketimbang polyester. Alhasil, kain ini begitu nyaman dan adem saat dipakai karena mampu menyerap panas dan keringat dengan baik.

  1. Kain Mikro

Jenis kain mikro mempunyai tekstur dengan serat yang sangat kecil serta permukaannya yang agak licin. Disamping itu, ia juga memiliki karakteristik seperti bahan parasut namun lebih tipis.

  1. Kain Mayer

Jenis kain berikutnya yang sering digunakan untuk membuat jaket Harrington, yakni kain mayer yang mampu menyerap keringat secara maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *