Cara Benar Merawat Jaket Kulit Supaya Awet

Banyak pria yang suka sekali memakai jaket kulit. Tetapi tidak banyak yang tahu cara merawat jaket kulit supaya bisa tahan lama dan tidak cepat rusak. Banyak pria merasa dengan memakai jaket kulit bisa membuat penampilannya terlihat lebih keren, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya dirinya. Jaket kulit juga banyak dipakai oleh mereka yang gemar touring mengendarai motor. Material kulit yang tebal pada jaket tidak hanya membuat penampilan keren saja, tetapi juga mampu membuat badan pemakainya lebih hangat.

Meski mahal tetapi banyak orang yang rela merogoh koceknya lebih dalam lagi hanya untuk bisa mendapatkan jaket kulit favoritnya. Meski begitu, banya orang yang belum mengetahui cara merawatnya sehingga jaketnya cepat rusak dan tidak awet. Pastinya sangat disayangkan jika jaket yang berharga mahal tersebut tidak awet dan cepat rusak.

Lalu bagaimana cara merawat jaket agar awet? Berikut dibawah ini cara benar merawat jaket kulit supaya awet diantaranya yaitu :

  1. Mengikuti Petunjuk Penggunaan

Pastinya setiap produk asli telah dilengkapi dengan petunjuk penggunaan. Oleh karena itu ikutilah petunjuk tersebut untuk memastikan produk milikmu telah mendapatkan perawatan yang sesuai dengan standar produsen.

  1. Mencuci Jaket Menggunakan Tangan

Hindari mencuci jaket kulit menggunakan mesin cuci karena dapat merusak tekstur jaket kulit tersebut. Cucilah jaket kulitmu secara manual dengan menggunakan tangan.

  1. Merawat Jaket Kulit Dengan Sabun Bayi

Sebenarnya jaket kulit cukup dicuci dengan air saja. Tetapi jika ada noda yang sulit dihilangkan, kamu bisa menggunakan sabun yang lembut seperti sabun bayi. Kamu cukup menuangkan sedikit sabun bayi pada bagian noda yang menempel, lalu kucek menggunakan tangan. Tidak menggunakan bahan kimia yang keras seperti pemutih atau amoniak.

  1. Cara Membilas Jaket Yang Dicuci

Tidak memasukkan jaket kedalam baskom yang berisi air. Cukup membilas jaket kulit dengan hanya menggunakan kain bersih untuk mengangkat sisa sabun di permukaan jaket kulit.

  1. Merawat Jaket Kulit Menggunakan Cairan Pelembut

Saat jaket kulit dijemur kemungkinannya jaket tersebut akan menjadi kaku dan permukaannya seperti patah. Supaya permukaan jaket tidak terasa kaku, kamu bisa menggunakan cairan pelembut pada beberapa bagian jaket, terlebih pada bagian yang terkena sabun. Cairan pelembut ini digunakan setelah jaket kulit dibilas secara bersih.

  1. Cara Menjemur Kulit

Hindarkan jaket kulit dari terkena sorotan cahaya matahari secara langsung. Kamu bisa menjemurnya di dekat jendela atau menjemurnya pada malam hari supaya kering oleh tiupan angina. Alternatif lainnya, bisa juga digunakan pengering rambut untuk mengeringkan bagian  yang basah. Pastikan menggunakan pengering rambutnya setelah tidak terlalu panas supaya tidak merusak jaket.

  1. Merawat Jaket Kulit Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa membuat jaket kulitmu tetap berkilau. Kamu cukup menuangkan sedikit minyak zaitun pada sebuah kain lap. Lalu lapkan kain tersebut ke seluruh permukaan jaket kulit. Jangan terlalu sering melakukan ini, cukup sekali saja melakukannya.

  1. Menghilangkan Noda Dengan Pasta Gigi

Untuk menghilangkan noda pada jaket kulit juga kamu bisa memanfaatkan jaket kulit. Kamu cukup mengoleskan pasta gigi pada sebuah kain lembut atau sikat gigi lembut. Setelah itu gosokkan kain atau sikat tersebut pada bagian noda yang sulit hilang. Pastikan menggosoknya secara perlahan supaya tidak menggores permukaan jaket kulit. Lalu bersihkan sisa pasta gigi menggunakan kain lembut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *