5 Info dan Sejarah Perkembangan Jaket di Indonesia

Jaket merupakan busana yang pasti tidak asing di telinga Anda. Selain fungsinya untuk menghangatkan tubuh, saat ini pun telah tersedia berbagai model jaket yang sangat menarik. Terdapat jenis jaket pria dan wanita yang saat ini telah merebah dalam masyarakat. Akan tetapi, pasti belum banyak yang mengetahui bagaimana sejarah perkembangan jaket di Indonesia. Sejalan dengan bentuknya yang menarik, sejarah perkembangan jaket di Indonesia pun demikian. Berikut ulasan mengenai sejarah perkembangan jaket di Indonesia.

  1. Bermula dari Jaket Kulit Pilot

Sejarah perkembangan jaket di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari perkembangan jaket dunia. Di dunia, jaket bermula dari busana yang digunakan oleh para pilot. Dulunya, disebut sebagai jaket kulit pilot atau Leather Flight Jacket. Para pilot kala itu sangat membutuhkan jaket lantaran suhu ekstrim yang dirasakan ketika pesawat melaju. Tidak hanya pilot, para kru pesawat tentu juga membutuhkannya.

Desain jaket pada mulanya cenderung lebih sederhana. Berasal dari kulit, jaket hanya diciptakan untuk menghangatkan tubuh dari cuaca yang terlalu dingin. Dengan penggunaan jaket kulit atau Leather Flight Jacket, para pekerja angkasa, termasuk di dalamnya pilot beserta para kru menjadi tidak terganggu dengan suhu ekstrim saat penerbangan berlangsung. Konsentrasi pun menjadi terjaga, sehingga penerbangan aman sampai tujuan.

  1. Era Shearling Flight Jacket

Berselang waktu, Leather Flight Jacket mulai surut kepopulerannya dengan kehadiran Shearling Flight Jacket. Keduanya sama-sama bertajuk sebagai Flight Jacket, yang artinya lebih diperuntukkan untuk pilot dan para krunya. Perbedaan dari Shearling Flight Jacket dengan Leather Flight Jacket terdapat pada material penyusunnya.

Leather Flight Jacket terbuat dari kulit, sedangkan Shearling Flight Jacket merupakan jaket yang bahan penyusunnya terdiri dari wol. Bentuknya seperti jaket bomber seperti yang dikenal saat ini. Sama halnya dengan jaket pendahulunya, Shearling Flight Jacket juga dimaksudkan untuk menghangatkan tubuh pemakainya. Terlebih, dengan penggunaan kain wol, akan semakin membuat penggunanya merasa lebih hangat.

  1. Flight Jacket Bahan Nilon

Selanjutnya, model jaket pun terus mengalami perkembangan. Sejak tahun 1950-an, Amerika Serikat mengeluarkan produk flight jacket yang berbahan nilon. Tujuannya, supaya para aktor yang penerbangan, terutama pada bidang militer merasa lebih nyaman . Jaket nilon cenderung lebih ringan dibandingkan dengan jenis jaket pendahulunya.

  1. Impor Jaket di Indonesia

Dengan perkembangan jaket seperti yang telah disebutkan, jaket Indonesia pun turut mengalami perkembangan. Terlebih, dengan mekanisme impor jaket yang menyebabkan corak jaket dunia dengan yang ada di Indonesia tidak berbeda. Saat ini, telah tersedia berbagai macam jaket yang sangat keren dan elegan.

  1. Corak Jaket yang Beragam

Melihat banyaknya bentuk jaket yang telah berkembang hingga saat ini, Anda sangat bisa untuk mengoleksinya. Mulai dari jaket jeans yang stylish, jaket hoodie yang trendy, boomber yang simple, sampai pada jacket zipper yang tentunya keren.

Anda hanya perlu menentukan jaket yang paling nyaman untuk dipakai. Mengenai warna, Anda pun tinggal menyesuaikan sesuai dengan warna yang paling Anda favoritkan. Apabila ingin mengoleksi semua warna pun tidak masalah. Yang terpenting, pastikan Anda nyaman ya saat mengenakannya.

Cukup panjang bukan sejarah perkembangan jaket di Indonesia? Sejak awal mulanya hingga saat ini, telah terdapat perubahan terhadap bentuk jaket yang sangat signifikan. Kini, dengan modelnya yang beragam, Anda tinggal memilih yang paling untuk digunakan. tidak sedikit pula jaket yang telah didesain dengan sangat sporty. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi mencari look jaket yang ingin diusut.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *