Siapa Penemu Jaket Kulit Pertama kali?

Salah satu fashion item yang bisa menunjang penampilan seseorang adalah jaket. Selain sebagai pelindung tubuh dari cuaca dingin, jaket akan membuat penampilan pemakainya menjadi semakin keren. Terutama saat mengendarai kendaraan bermotor baik touring maupun traveling, jaket menjadi andalan untuk melindungi tubuh dari terpaan angin yang menusuk kulit. Lalu siapa penemu jaket kulit untuk pertama kalinya?

Sejarah Jaket Kulit

Perlu diketahui bahwa kata jaket ini berasal dari Prancis “jaquette’ yang mengacu pada tunik ringan. Seiiring dengan perkembangan jaman, jaket di Prancis disebut juga mantol. Dan jaket kulit pertamakalinya dibuat untuk digunakan oleh pilot atau yang lebih populer dikenal sebagai Flight Bomber Jacket.

Pada saat Perang Dunia I, jaket berfungsi untuk melindungi suhu tubuh dari hembusan angin. Selain itu, pada waktu itu jaket selalu identik sebagai jaket yang digunakan oleh kaum pria. Hal ini dikarenakan pada saat itu, hampir semua pilot adalah pria.

Namun, pada saat ini jaket juga bisa digunakan oleh semua orang, termasuk kaum wanita. Selain itu, dari segi bahan yang digunakan, saat ini sudah beragam, seperti dari jeans, parasit, rajut, kulit, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Awalnya jaket ini hanya diproduksi dengan warna-warna gelap seperti hitam, coklat, dan abu-abu. Namun kini warna jaket semakin beragam, seperti warna-warna cerah dan natural bisa anda temukan saat ini. Bahkan, banyak para desainer jaket yang memadukan berbagai jenis warna pada satu jaket. Selain itu, jaket sering dilengkapi dengan berbagai gambar dan motif. Gambar pada jaket pun sangat beragam, seperti gambar pemandangan, gambar kartun, gambar hewan, dan lain sebagainya.

Perkembangan Jaket Kulit Indonesia

Salah satu sentra pembuatan jaket kulit yang terkenal di Indonesia adalah di Garut. Selain terkenal dengan domba dan dodolnya, Garut juga terkenal dengan jaket kulitnya hingga ke mancanegara. Selain di Garut, daerah lainnya yang terkenal sebagai sentra pembuatan jaket kulit di Indonesia adalah Magetan. Belakangan ini model jaket kulit pria dan wanita dari Garut maupun Magetan semakin beragam. Dengan tantangan persaingan fashion semakin ketat, baik itu antar pedagang jaket kulit maupun penjual fashion secara umum, sehingga membuat para produsen jaket kulit harus semakin kreatif dan inovatif dalam memproduksi berbagai model jaket kulit terbarunya.

Model Jaket Kulit

  1. Model Jaket Kulit Pria Korean Style

Bagi anda pecinta K-Pop, sekarang ini ada model jaket pria terbaru yang diadopsi dari fashion pemain Drama Korea. Karena memang Korean Wave menjadi hal yang sulit dihindari, sehingga banyak sekali budaya mereka yang dikenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dan budaya tersebut salah satunya adalah model jaket pria terbaru.

  1. Model Jaket Kulit Pria Panjang

Umumnya model jaket kulit pria memiliki panjang hingga ke pinggang. Akan tetapi, saat ini ada model jaket kulit pria terbaru yang memiliki panjang sampai ke lutut. Walaupun mungkin terlihat cukup aneh bagi sebagian orang, namun model jaket kulit ini sangat populer di masyarakat, terutama di kalangan remaja. Dengan menggunakan model jaket jubah ini akan membuat penampilan anda nampak lebih macho dan manly. Pada model jaket panjang ini, anda akan melihat ukuran kerah yang besar yang disematkan di depannya. Selain itu, model jaket ini juga dilengkapi dengan ukuran saku besar yang akan membuatnya semakin keren dan trendy. Model jaket ini sangat cocok digunakan untuk nongkrong daripada untuk berkendara motor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *